RUBUHA, PROGRAM EDUKASI PENANGANAN HAMA TIKUS DI DESA TAMBAKMEKAR DAN TAMBAKAN

Sumber Foto : Doc ACMC

Rep: Humas As-Syifa/ Red: Annasya Senin 14 September 2020 14:43 WIB

SUBANG – Gagal panen yang kerap dialami petani di Desa Tambakmekar dan Tambakan, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, membuat As-Syifa Peduli bekerja sama dengan Komunitas Gabungan Owl Subang (GOBANG) menggagas rencana pembangunan Rumah Burung Hantu (RUBUHA) dalam Program Edukasi Penanganan Hama Tikus, yang telah diresmikan pada Minggu (13/09/20).

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi, S.Si., MM. Beliau mendukung dan mengapresiasi sepenuhnya program yang dilakukan Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah melalui As-Syifa Peduli ini.

“Alhamdulillah Subang menjadi beras terbanyak ketiga di Indonesia, namun tidak dipungkiri masalah masih terjadi kepada petani di Subang. Selain faktor tidak seragamnya masa tanam padi dan masalah air, hama tikus pun menjadi masalah yang sering dihadapi oleh petani di Subang. Pemerintahan Kabupaten Subang mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya kepada As-Syifa atas program pembangunan RUBUHA ini,” jelasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Umum Yayasan As-Syifa Al-khoeriyyah, KH. Abdullah, S.Pd.I., M.Sc., mengatakan bahwa program ini adalah bentuk kontribusi dan kepedulian As-Syifa terhadap ketahanan pangan Indonesia khususnya pertanian di Desa Tambakmekar dan Tambakan.

“As-Syifa Peduli Kembali hadir untuk berkontribusi mencari solusi masalah yang sedang dihadapi oleh para petani Indonesia yang mengalami gagal panen akibat hama tikus, khususnya petani yang ada di Desa Tambakmekar dan Tambakan melalui program pembangunan Rumah Burung Hanti (RUBUHA) dan program ini bisa dikatakan sebagai jihad ketahanan pangan Indonesia,” tandasnya.

Bentuk dukungan konkret pun diberikan Pemerintah Desa Tambakmekar, yang siap menghibahkan “tanah bengkok” untuk dijadikan tempat karantina burung hantu. Selanjutnya, kelompok tani akan melakukan pertemuan rutin untuk pembinaan progtam RUBUHA. (Humas As-Syifa/ Red: Annasya)

Leave a Reply