GUBERNUR JABAR LAKUKAN RAKOR PEMBAHASAN DAMPAK EKONOMI DAMPAK COVID-19 MELALUI VIDIO TELEKONFERENSI

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosadi yang akrab disapa Kang Akur didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Aminudin, bergabung dalam Rapat Kordinasi Pembahasan Dampak Ekonomi dan Penanganan Covid-19 di Provinsi Jawa Barat melalui Vidio Telekonferensi bertempat di Command Center Diskominfo Kab. Subang , Kamis (19/03).

Rapat tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti susunan strategi pemulihan ekonomi global, yang tertahan oleh adanya pandemi covid-19. Eksposur yang cukup besar pada faktor eternal khususnya melalui ekspor dan impor luar negeri, perekonomian Jawa Barat pada 2020 menghadapi tantangan yang cukup besar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghimbau dalam sambutannya kepada kepala pemerintahan daerah Bupati/Walikota agar memberikan peran dan dukungan untuk penanganan Covid-19 ini. Sejak dua minggu sebelum Presiden mengumumkan penetapan pasien positif corona di depok, Jawa Barat telah menetapkan siaga satu yang sekarang sudah terlihat  kedisiplinan dari semua sumber komunikasi dan kordinasi yang di pusatkan satu pintu.

Menyapa Bupati/Walikota yang bergabung dalam live meeting, Gubernur menginstruksikan beberapa hal yaitu, mulai mengkonsep pola belajar dirumah yang akan dilaksanakan sampai bulan mei mendatang, melakukan pengurangan pajak hotel dan restoran agar tidak terjadi PHK,  dan kepada sektor informal seperti ojek online yang mempunyai income harian, agar diberikan dana bansos, hibah, sembako untuk membantu perekonomian keluarga dan dihimbau objeknya agar segera di survey. Selain itu Gubernur memerintahkan belanja darurat masker yang akan di distribusikan ke puskesmas-puskesmas yang ada.

Dalam akhir sambutannya Gubernur menjelaskan bahwa semua pergeseran anggaran yang dibutuhkan untuk kedaulatan kesehatan dan  pengamanan sosial, anggaran tersebut tidak perlu persetujuan DPRD tetapi tetap memberikan surat persetujuan.

Turut hadir medampingi Kepala Dinas Kominfo, Kabag Ekonomi dan Sekretaris BP4D.

Sumber : Humas Setda Subang

Leave a Reply