20 LOKASI RAPID TEST DI SUBANG

Hari ini sebanyak seribu orang warga Subang menjalani rapid test untuk mengidentifikasi penyakit Covid-19. Dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Nunung Suhaeri pada kesematan ini dengan prioritas kepada tenaga kesehatan, Orang Dalam Pengawasan (ODP) warga Subang yang baru kembali dari luar negeri, dalam kota dengan gejala tertentu. “Semua itu akan dilakukan secara berkala sambil menunggu peralatan selanjutnya,” kata dr. Nunung saat memantau pelaksanaan rapid test di Kantor Kelurahan Soklat Subang, Rabu (8/4/2020).

Adapun pemeriksaan hari ini dilakukan di 20 lokasi yang mengkolektif wilayah kerja puskesmas. Seperti di Kelurahan Soklat Subang yang sekarang melakukan tes untuk 4 puskesmas di Subang Kota. “Selanjutnya untuk seribu berikutnya dilakukan pada esok hari yang dilakukan masih di 20 lokasi,” katanya.

Pasien yang diperiksa merupakan hasil pendataan dari puskesmas berupa yang diundang untuk dilakukan Rapid test.

Dalam pelaksanaannya para petugas mengambil sample darah dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Selain itu juga hari ini meresmikan tempat cuci tangan atau wastafel portable yang dipasang di 23 lokasi hasil Corporate Social Responsibility atau CSR sembilan perusahaan di Subang. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat mencuci tangan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Peresmian dilakukan secara simbolis wastafel yang berlokasi di Masjid Agung dan Alun-alun Subang.

Kemudian dilakukan peninjauan lokasi posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Subang yang berlokasi di depan Kantor Bupati Subang.

Menurut Bupati diharapkan dengan adanya posko mempercepat informasi data tentang Covid-19 sekaligus memberikan penjelasan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat.

Sumber : Humas Setda Subang

Leave a Reply