fbpx

Keutamaan Sholat Tarawih

Written by on 29/03/2023

Pada bulan suci Ramadhan ini umat islam berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Selain berpuasa ramadhan, masih banyak lagi ibadah yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT salah satunya adalah melaksanakan sholat tarawih. Mengerjakan sholat tarawih hukumnya adalah sunnah muakaad yang berarti termasuk salah satu sholat sunnah yang dianjurkan.

Oleh karena itu, sempatkan diri kita untuk melaksanakan sholat tarawih karena di bulan-bulan selanjutnya kita tidak akan mendapat kesempatan kembali untuk mengerjakannya. Selain pahala yang berlimpah tentunya ada beberapa keutamaan-keutaamaan dari sholat tarawih yang perlu kita ketahui. Berikut 5 keutamaan sholat tarawih

  1. Mampu Menghapuskan Dosa di Masa Lalu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya selain mendapatkan pahala yang berlimpah, keutamaan sholat tarawih yang pertama adalah dapat menghapuskan dosa di masa lalu. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, yaitu :

 

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

 

Artinya : “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA)

 

  1. Meramaikan Masjid

 Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sholat berjamaah di mesjid akan mendapatkan pahala sebanyak 27 derajat. Begitu pula jika kita melaksanakan sholat tarawih berjamaah di mesjid maka akan Allah SWT berikan ganjaran yang sama. Sesuai dengan salah satu sabda Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits yaitu :

 

“ Sholat berjamaah lebih utama dibandingkan sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat “ (HR.Bukhari)

 

Oleh karena itu, terutama bagi para kaum laki-laki ramaikanlah mesjid di bulan Ramadhan dengan melaksanakan ibadah sholat tarawih berjamaah.

 

  1. Mendapatkan Pahala Seperti Sholat Qiyamul Lail Semalam Penuh

 Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk kita menimba pahala sebanyak -banyaknya dengan beribadah kepada Allah SWT. Saat kita rutin melaksanakan sholat tarawih berjamaah, maka Allah SWT akan mengganjarnya dengan pahala yang sama seperti kita melaksanakan sholat qiyamul lail semalam penuh.

 

  1. Mempererat Tali Silahturahmi

 Sholat tarawih yang dianjurkan adalah sholat tarawih secara berjamaah. Saat kita melaksanakannya secara berjamaah di mesjid maka secara tidak langsung kita juga sedang mempererat tali silahturahmi dengan sesama muslim.

 

Tentunya tidak dapat kita pungkiri kesibukan kita sehari-hari, membuat kita sulit untuk menjalin silahturahmi dengan sesama muslim ataupun kerabat kita. Oleh karena itu dengan adanya momentum bulan suci Ramadhan ini, kita dapat memanfaatkannya untuk saling bersilahturahmi.

 

  1. Meningkatkan Ketakwaan dan Mendekatkan Diri Pada Allah SWT

 Saat kita melaksanakan ibadah sholat tarawih dengan khusyuk dan tidak terburu-buru tentunya akan menimbulkan ketenangan dalam batin. Ibadah yang dilakukan secara rutin dan khusyuk baik yang hukumnya sunnah ataupun wajib merupakan salah satu  bentuk ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Pada saat kita benar-benar mendalami bacaan Al-Quran dan doa saat sholat tarawih maka akan terasa kedekatan kita dengan Allah SWT.


Reader's opinions

Leave a Reply


Continue reading

Current track

Title

Artist

Background