fbpx

12 Tata Cara dan Doa Sholat Tarawih

Written by on 27/03/2023

Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dilaksanakan pada malam hari setelah sholat isya pada bulan Ramadhan. Tarawih dalam bahasa arab diartikan sebagai “waktu sesaat untuk istirahat”. Melaksanakan sholat tarawih hukumnnya adalah sunnah muakkad yang artinya sholat sunnah yang dianjurkan. Berikut tata cara sholat tarawih dengan jumlah 8 rakaat.

Tata Cara Sholat Tarawih

Seperti urutan sholat sunnah pada umumnya, tata cara sholat tarawih yaitu diawali dengan niat, takbiratul ihram, dan diakhiri dengan salam.

  1. Membaca Niat
  • Niat sholat tarawih sebagai imam :

 

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarāwīhi rak’atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta’ālā.

 

  • Niat sholat tarawih sebagai makmum :

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Ushallî sunnatat tarâwîhi rak’ataini mustaqbilal qiblati ma’mûman lillâhi ta’âlâ.

 

  • Niat sholat tarawih munfarid (sendiri) :

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

 

shalli sunnatat tarāwīhi rak’atayni mustaqbilal qiblati adā’an lillāhi ta’ālā.

 

  1. Membaca takbiratul ihram
  2. Membaca surat Al-Fatihah
  3. Membaca surat-surat pendek
  4. Rukuk
  5. Iktidal
  6. Sujud pertama
  7. Duduk diantara dua sujud
  8. Sujud kedua
  9. Bangkit dari duduk, kemudian mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama
  10. Tasyahud akhir
  11. Salam

 

Tata cara diatas diulang sampai 8 rakaat kemudian jangan lupa untuk membaca doa setelah sholat tarawih sebelum diakhiri dengan 3 rakaat sholat witir.

Doa Setelah Sholat Tarawih


اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


Allahummaj’alnaa bil iimanikaamiliin. W lil faraaidli muaddiin. Wa lish-shalaati haafidhiin Wa lizzakaati faa’iliin. Wa lima’indaka thalibiin. Wa li’afwika raajiin. Wa bil-hudaa mutamassikiin. Wa’anil laghwi mu’ridliin.

Wa fid-dunyaa zaahdiin. Wa fil’aakhirati raaghibiin. Wa bil-qadlaa’I raadlin. Wal in na’maa’l syakiriin. Wa’alal balaa’I shaabiriin. Wa tahta liwaa’I muhammadin shallallaahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyaamati saa’iriina wa alal haudli waaridiin.

Wa ilal jannati daakhiliin. Wa minan naari naajiin. Wa ‘alaa sariirl karaamati waa’idiin. Wa bi huurun’in mutazawwijiin. Wa min sundusin wa istabraqiin wadiibaajin mutalabbisiin. Wa min tha’aamil jannati aakiliin.

Wa min labanin wa’asalin mushaffan syaaribiin. Bi akwaabin wa abaariiqa wa ka’sin min ma’iin. Ma’al ladziina an’amta’alaihim  minan nabiyyiina wash shiddiiqiina wasy syuhadaa’I wash shaalihiina wa hasuna ulaa’ika rafiiqan. Daalikal fadlu-lu minallahi wa kafa billahi ‘aliiman.

 

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara salat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu”

“Yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang rida dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu).”

“Yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad),”

“Yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra,”

“Yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang salih.”

“Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya.”

“Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan sahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”


Reader's opinions

Leave a Reply


Continue reading

Current track

Title

Artist

Background