Moment Of The Day – 28 Agustus

Moment Of The Day – 28 Agustus

Sahabat Elshifa, kita akan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal 28 Agustus.

Hari ini tepatnya tanggal 28 Agustus 2007 adalah pada saat Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta mulai menggunakan sistem 1 kali transaksi (tarif merata).

Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) adalah rangkaian jalan tol yang melingkari bagian luar Jakarta yang telah terkenal sejak awal dasawarsa 1990-an. Jalan tol pertama yang dibangun dan kemudian menjadi bagian dari JORR adalah seksi Cikunir-Cakung pada tahun 1990. Saat ini, tol JORR sudah sampai gerbang tol Cakung yang termasuk kawasan Jakarta Timur. JORR sendiri terbagi menjadi 4 bagian besar: ruas Pondok Pinang-Pasar Rebo dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero), ruas Pasar Rebo-Rorotan dikelola oleh PT Jalantol Lingkarluar Jakarta, ruas Kembangan-Penjaringan dikelola oleh PT Jakarta Lingkar Baratsatu, dan ruas Kembangan-Ulujami dikelola oleh PT Marga Lingkar Jakarta yang merupakan anak perusahaan Jasa Marga. Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta sebagai tujuan bagi warga Tangerang atau Jakarta yang menuju Bekasi, Bogor dan kota-kota di Pantura dan Jalur Selatan dan juga sebagai tujuan utama ke Depok atau tujuan utama bagi buat warga kota Tangerang Selatan ke Bekasi, Bogor, Depok dan kota-kota di Pantura dan Jalur Selatan.

Tol ini dikelola oleh PT JLJ, PT HK, PT MLJ, dan PT JLB. Tarif JORR W1 (JLB) terpisah dengan tarif JORR yang lainnya.

JORR W2 sepanjang 7,8 km dibangun berdasarkan kerja sama antara pemerintah pusat melalui PT Jasa Marga dan Pemerintah Provinsi DKI melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro), dengan komposisi pembagian investasi sebesar 65 persen untuk Jasa Marga dan 35 persen untuk Jakpro. Pembangunan tol JORR W2 dibagi menjadi empat paket. Paket pertama yaitu dari Kebon Jeruk – Meruya yang dikerjakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya. Paket kedua dari Meruya – Joglo oleh PT Adhi Karya. Paket ketiga dari Joglo – Ciledug yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya. Paket keempat dari Ciledug – Ulujami oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi.

Leave a Reply