Abdul Malik bin Marwan Al Umawi Al Qursyi Menjabat Sebagai Khalifah Dinasti Umayyah

Lahir di kota Madinah pada bulan suci Ramadhan tahun 23 Hijriyah atau bertepatan dengan tahun 646 Masehi, Abdul Malik bin Marwan Al Umawi Al Qursyi menjabat sebagai khalifah Dinasti Umayyah menggantikan ayahnya Marwan bin al-Hakam pada tanggal 27 Ramadhan tahun 65 Hijriyah atau bertepatan dengan 685 Masehi.

Selain dikenal sebagai sosok khalifah pertama pencetak uang dinar umat Islam, Abdul Malik bin Marwan juga dikenal sebagai pemimpin yang sangat memperhatikan bidang keilmuan selama kurang lebih 21 tahun menjabat sebagai pemimpin Dinasti Umayyah.

Tercatat gerakan penerjemahan buku-buku keilmuan dari bahasa Persia dan Romawi ke bahasa Arab menjadi sumbangan khalifah kelima dari Dinasti Umayyah ini bagi kemajuan peradaban Islam yang dikenang hingga saat ini, meskipun sejarah mencatat kesalahannya dengan mengirim Al Hajjaj bin Yusuf Atsaqofi untuk memerangi Abdullah bin Zubair yang diangkat sebagai khalifah umat Islam di jazirah Arab. Akhirnya di tahun 86 Hijriyah atau yang bertepatan dengan tahun 705 Masehi, Abdul Malik bin Marwan wafat menghadap Allah Subhanahu Wata’ala mempertanggung jawabkan 2 dekade lebih masa memimpin umat Islam.

Leave a Reply