Moment Off The Day – 27 Maret

Sahabat Elshifa, kita akan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi tanggal 27 Maret.

Hari ini tepatnya tanggal 27 Maret 1781 adalah hari pada saat Galaksi Kincir Angin ditemukan oleh Pierre Méchain.

Galaksi Kincir Angin (atau dikenal sebagai Messier 101, M101 atau NGC 5457) adalah galaksi spiral face-on dengan jarak 21 juta tahun cahaya (enam megaparsec)di rasi bintang Ursa Major, pertama kali ditemukan oleh Pierre Méchain pada tanggal 27 Maret 1781, dan dikomunikasikan kepada Charles Messier yang diverifikasi posisinya untuk dimasukkan dalam Katalog Messier sebagai salah satu entri akhir.

Pada tanggal 28 Desember 2006, NASA dan ESA merilis sebuah gambar yang sangat rinci dari Galaksi Kincir Angin, yang merupakan citra galaksi terbesar dan paling rinci oleh Hubble Space Telescope pada waktu itu. Gambar itu terdiri dari 51 eksposur individual, ditambah beberapa foto tambahan yang berbasis di darat.

Pada tanggal 24 Agustus 2011, sebuah Supernova Tipe Ia, SN 2011fe, ditemukan di M101.

Pierre Méchain, penemu Messier 101, menggambarkannya sebagai “nebula tanpa bintang, yang sangat jelas dan cukup besar, dengan diameter 6 ‘ hingga 7’, di antara tangan kiri Bootes dan ekor beruang besar. Sulit untuk membedakan salah satu lits tombol [kisi] kabel.”

William Herschel pada tahun 1784 mencatat bahwa “[M101] di [Jarak fokus] reflektor saya 7, 10, dan 20-kaki kuberikan contoh kepada jenis berbintik-bintik dari sifat remang, yang akan aku panggil resolvable (dapat diatasi); sehingga saya berharap teleskop saya sekarang akan, mungkin, membuat bintang-bintang yang terlihat dari yang saya kira mereka menjadi tersusun.”

Lord Rosse mengamati M101 menggunakan teleskop reflektor Newtonian berdiameter 72 inci selama paruh kedua abad ke-19. Dia adalah orang pertama yang membuat catatan ekstensif dari struktur spiral dan membuat beberapa sketsa.

Untuk mengamati struktur spiral dalam instrumen modern membutuhkan instrumen yang cukup besar, dengan langit sangat gelap, dan sepotong mata berdaya rendah.

Leave a Reply