AS-SYIFA PEDULI BANTU UPAYA PEMULIHAN WARGA TERDAMPAK LONGSOR SUMEDANG

Di awal tahun 2021, Sumedang dilanda Bencana longsor yang menerjang Dusun Bojong Kondang, RT 003 RW 010, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Sebanyak 1003 jiwa atau 267 KK terdampak dalam bencana tersebut, kebanyakan warga yang terdampak masih memilih tetap bertahan di rumah sekitar lokasi longsor, dibandingkan tinggal di Rumah Susun (Rusunawa) milik Pemrov Jawa Barat di Rancaekek Bandung.

Untuk membantu pemulihan warga terdampak, As-Syifa Peduli bersama Tim Relawan membuka dapur umum disekitaran lokasi longsor di Sumedang dan sudah tersalurkan lebih dari 1000 porsi makanan siap saji.

Selain itu Tim Relawan As-Syifa Peduli membantu 10 keluaraga yang memilih mengungsi di Rusunawa karena pihak berwenang memutuskan rumah tinggalnya harus dikosongkan untuk relokasi.

Sampai kondisi perlengkapan dapur keluarga mereka kembali normal Tim Relawan As-Syifa Peduli memberikan bantuan berupa makanan siap saji dan juga perlengkapan tidur yang diantaranya kasur lipat, selimut dan bantal yang sangat dibutuhkan karena selama ini mereka tidur hanya beralaskan tikar dan karpet.

Selain kerugian materil kondisi mental para pengungsi juga terganggu karena trauma atas musibah yang terjadi terutama ketika harus mengosongkan rumah yang selama ini mereka bangun dengan susah payah.

Rukamah (51) salah seorang warga pengungsi menjelaskan, meski dengan perasaan berat hati mereka memutuskan pindah ke Rusunawa, ia dan keluarganya harus tinggal sementara selama tiga sampai enam bulan. Ia meminta agar mental para pengungsi diperhatikan terutama perempuan juga dukungan moril dan materil agar di berkan ketabahan.

Menyikapi kondisi tersebut As-Syifa Peduli berencana akan menurunkan Tim Trauma Healing untuk memberikan pendampingan pada warga pengungsi agar mereka pulih kembali secara psikis, membangun motivasi, hingga warga bisa beraktivitas kembali secara normal.

Leave a Reply